Jumat, 10 Desember 2010

Candi PrambanaN


Candi Prambanan
candi setinggi 47 meter (lebih tinggi dari candi Borobudur). Candi Prambanan ini di bangun untuk membuktikan kekuatan Hindu di tanah Jawa, pada masa pemerintahan dua raja, yaitu Rakai Pikatan, dan Rakai Balitung.
Candi Prambanan memiliki 3 candi utama yang memiliki 3 altar yang di bangun untuk tempat pemujaan Dewa Trimurti. Yaitu:

Candi Syiwa, yang terletak di tengah dan merupakan bangunan paling tinggi, di dalammnya terdapat 4 buah ruangan yang salah satu ruangannya, yaitu ruangan utama berisi patung arca Syiwa yang juga di kenal sebagai Dewa Perusak. Ketiga ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Syiwa, yang konon disebut-sebut sebagai Roro Jonggrang), Agastya (guru Syiwa) dan Ganesha (anak Syiwa).

Candi Wisnu terletak di sebelah utara candi Syiwa. Di dalam candi ini hanya ada satu ruangan yang di dalamnya terdapat arca Wisnu yang juga di kenal sebagai Dewa Pencipta. Sama halnya dengan Candi Wisnu, Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan candi Syiwa, juga hanya memiliki satu ruangan dengan arca Brahma di dalamnya. Brahma di kenal dengan Dewa Penjaga.
Di depan setiap candi, terdapat candi-candi kecil yang di sebut juga candi wahana. Di sebut begitu karena di dalam candi-candi pendamping ini, terdapat patung binatang yang konon biasa di pakai sebagai tunggangan atau wahana atau kendaraan bagi para Dewa tersebut. Lembu nandi adalah kendaraan Syiwa, burung Garuda adalah tunggangan Wisnu dan Brahma mengendarai Angsa.

Seperti candi-candi lain yang kaya dengan reliefnya, Candi Prambanan juga memilki relief yang dipahatkan di pagar langkan. Di Candi Syiwa dan Candi Brahma terdapat relief cerita Ramayana, sedangkan di Candi Wisnu terdapat relief cerita Kresnayana. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang di gambarkan tengah mengapit singa yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat pada masa itu sudah begitu arif mengolah alam dan lingkungannya.
Apabila kita memasuki candi utama dari utara, maka kita akan menemukan sebuah patung putri yang sangat cantik, Roro Jonggrang. Patung ini berhubungan erat dengan kisah atau legenda yang dipercaya masyarakat, yang melatarbelakangi berdirinya Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang
i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar